PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya tingkat kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di TK Pelita Leles-Garut. Hal ini ditujukan dengan kurangnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1-20 dan berhitung serta timbunya rasa jenuh dan bosan ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan awal mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, (2) bagaimana kemampuan akhir mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media manipulatif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak.
Tujuan penelitian ini adaalah untuk mengetahui (1) kondisi awal kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, (2) kondisi akhir kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di kelompok control dan eksperimen, (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media manipulatif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Subyek penelitiannya yaitu anak kelompok B1 sebanyak 11 anak dan anak kelompok B2 sebanyak 10 anak di TK Pelita Leles-Garut. Adapun hasil yang diperoleh dari hasil observasi dan tes yang dilakukan kepada semua subyek yang diberikan pada saat pre-test dan post-test pada saat penelitian. Kemudian diuji dengan menggunakan Uji-T dengan bantuan SPSS Versi 17.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahwa penggunaan media manipulatif dalam pembelajaran matematika anak usia dini dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan mengenal konsep bilangan anak pada kelompok eksperimen yang menggunakan media manipulatif dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media manipulatif. Simpulannya adalah media manipulatif sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak. Saran yang peneliti ajukan,  hendaknya penelitian berikutnya dapat mengangkat kembali permasalahan yang ada, dengan metode, teknik dan media yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s