PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VCD PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK : Studi Quasi Eksperimen terhadap Anak kelompok A 0604544

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan keterampilan berbicara anak. Terkadang Guru maupun orang tua saat ini lebih menekankan pada kemampuan menulis dan membaca ataupun kemampuan yang bersifat akademis saja, sedangkan kemampuan berbicara anak masih dikesampingkan dan dianggap kurang begitu penting. Padahal hal tersebut juga penting karena dengan berbicara anak dapat mengungkapakan gagasan, ide, serta berkomunikasi dengan orang lain. Berbicara bukan hanya sekedar mampu mengucapkan kata-kata ataupun bunyi, tetapi merupakan suatu alat untuk dapat mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan atau mengkomunikasikan pikiran, ide maupun perasaan. Ada beberapa hal yang dapat mendukung dalam  meningkatkan keterampilan berbicara diantaranya: peranan guru dalam memberikan stimulasi kepada anak, metode pembelajaran, media pembelajaran, fasilitas pembelajaran, dan sebagainya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan (treatment) berupa penggunaan media VCD pembelajaran dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Pembagian ini dimaksudkan untuk melihat dan membandingkan pengaruh penggunaan media VCD pembelajaran terhadap keterampilan berbicara anak.

Sebelum diberikan media VCD pembelajaran keterampilan berbicara anak kelompok eksperimen berada dalam kategori sedang, begitupun dengan kelompok kontrol keterampilan berbicaranya berada dalam kategori sedang. Setelah diberikan treatment berupa penggunaan media VCD pembelajaran pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan pada kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan yang signifikan karena hanya mendapatkan pembelajaran dengan metode konvensional. Hal ini berarti bahwa penggunaan media VCD pembelajaran yang terapkan di kelompok eksperimen memberikan pengaruh terhadap keterampilan berbicara anak

Bagi para guru penggunaan media VCD pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media yang digunakan dalam proses pembelajaran khususnya dalam hal mengembangkan keterampilan berbicara anak. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan Melakukan penelitian mengenai keterampilan berbicara anak ditinjau dari efektifitas penggunaan media-media lain dan melakukan penelitian mengenai efektivitas penggunaan media VCD pembelajaran terhadap keterampilan-keterampilan lain yang menunjang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s